PAPER 

NETWORK TOPOLOGY

ALHUDA VOCATIONAL SCHOOL

REZA DWILINGGA

   1. DEFINITION OF BLOG

Blog is a website in the form of online media that contains content in the form of articles, videos, and photos managed by a blogger or several authors at once.

Topics featured on blogs usually focus on one particular area. For example, lifestyle, finance, health, technology, culinary, and so on.

  2.History

Blog media was first popularized by Blogger.com, which was owned by Pyra Labs before being acquired by Google in late 2003.[2][3] Since then, there have been many open-source applications dedicated to the development of these blog writers.

  3. The difference between a blog and a website

     A. Website

A website is a collection of online pages that can be accessed using the internet via a specific domain address. Websites usually contain information about products or services.

Since the majority of them contain product or service information, websites are usually also static. That is, in terms of design and content, it doesn't need to be updated too often.

In terms of ownership, websites are usually used for the purposes of organizations, schools, institutions, online stores, businesses, and the like.

     B.Blog

Blog is one type of website that contains article content in the form of opinions, experiences, and knowledge information.

Blogs are usually dynamic whose content needs to be added and updated regularly. It can be said, blog content is the life that determines the success or failure of a blog.

Sementara dari segi kepemilikannya, blog banyak dimiliki oleh perseorangan. Namun, blog juga dimiliki oleh bisnis, perusahaan, dan Struktur Blog Pada Umumnya

Blog biasanya memiliki tampilan dan tatanan struktur yang cukup beragam. Namun, pada umumnya, struktur blog biasanya terdiri dari beberapa komponen berikut ini!

 

 

 

4.Struktur Blog Pada Umumnya

Header: Bagian atas blog yang berisi judul, deskripsi, dan menu blog.

Navbar: Elemen ini bisa disebut sebagai menu untuk membantu pengunjung memilih dan menjelajahi konten blog. 

Main blog: Bagian di mana postingan blog Anda berada. Di bagian ini, terdapat struktur seperti judul, tanggal, nama penulis, kolom komentar, dan sejenisnya.

Sidebar: Sisi samping blog yang biasanya memuat beberapa rekomendasi artikel populer, widget, iklan, atau informasi tambahan lainnya.

Footer: Bagian bawah blog yang berisi informasi penulis, kontak, form subscription, dan alamat email.

Sementara itu, pada bagian main blog, konten blog biasanya tak hanya berupa tulisan. Namun, juga disisipkan gambar dan video.

 

Menambahkan gambar atau video pada konten artikel dapat ternyata dapat memudahkan pengunjung membaca blog Anda. Terbukti, menurut riset dari Social Media Today, konten blog dengan gambar dibaca 94% lebih banyak orang. lembaga untuk promosi dan strategi pemasaran.

 

5.Manfaat dan Fungsi Blog

1. Sebagai Sarana Publikasi

Anda ingin menyalurkan hobi menulis? Blog bisa jadi salah satu sarana untuk menuangkan kreatifitas menulis Anda dengan bebas. Entah itu kisah kehidupan Anda, opini, atau karya lainnya.

2. Sebagai Portofolio Online

Contoh lain dari manfaat blog adalah sebagai portofolio online. Portfolio merupakan salah satu hal yang penting bagi seorang profesional. Sebab, klien atau perusahaan bisa lebih mudah mengetahui skill dan pengalaman yang Anda miliki.

3. Sarana Branding 

Blog juga bisa jadi sarana branding yang cukup ampuh. Bagi profesional, menulis artikel topik tertentu di blog akan membuat Anda dikenal sebagai expert. Jadi, klien atau calon konsumen tidak ragu menggunakan jasa Anda.

4. Mempromosikan Produk atau Jasa

Anda seorang pemilik bisnis? Blog juga bisa Anda manfaatkan untuk promosi produk bisnis Anda lho!

Pasalnya, 70% orang ternyata lebih memilih mempelajari produk bisnis lewat artikel dibanding melalui iklan. Dengan memanfaatkan blog, Anda bisa menulis artikel seputar manfaat hingga tutorial dari produk Anda.

6.Jenis Blog yang Sering Ditemukan

1. Blog Pribadi/Personal

Jenis blog yang pertama ialah blog pribadi atau personal. Di awal kemunculannya, blog memang dimanfaatkan untuk tujuan pribadi. Bisa dikatakan, blog itu jadi semacam jurnal harian online untuk mencatat pengalaman pribadi.

Menulis blog pribadi, juga tidak terikat aturan tertentu. Penulis blog bebas menentukan konten seperti apa yang ingin ditulis. Bisa mengenai cerita percintaan, pengalaman berlibur, resep makanan, dan sebagainya.

2. Blog Profesional

Nah, berbeda dengan blog personal, jenis blog profesional biasanya memiliki satu topik khusus tertentu. Konten-konten dalam blog profesional juga dibuat khusus untuk menunjukkan profesionalitas pemilik blog.

Misalnya, Anda seorang ahli di bidang SEO dan digital marketing. Anda bisa membuat blog berisi konten-konten sesuai topik yang Anda kuasai. Dengan menulis blog di bidang keahlian, Anda pun akan dikenal sebagai expert.

3. Blog Bisnis atau Perusahaan (Content Marketing)

Seiring perkembangannya, banyak perusahaan yang memanfaatkan blog untuk tujuan tertentu. Seperti mempromosikan produk, mengumpulkan leads, mendatangkan pengunjung ke website bisnis atau toko online.

7.PLATFORM UNTUK MEMBUAT BLOG

WordPress.org

WordPress.org adalah software open source yang dapat digunakan secara gratis. Bisa dikatakan, WordPress merupakan CMS paling populer. Lebih dari 35% blog dan website menggunakan platform ini. 

Banyaknya pengguna WordPress.org lantaran penggunaannya yang mudah, tampilan yang menarik, dan tersedia plugin canggih yang berlimpah.

WordPress.com

Hampir mirip dengan WordPress.org, WordPress.com juga merupakan CMS pembuatan website yang menggunakan server hosting milik WordPress. Jadi, nama blog Anda nantinya akan berisi domain .wordpress.com.

WordPress.com memang bisa dipakai secara gratis, tetapi ada banyak kekurangan. Misalnya, tidak tersedia plugin dan tema.  Untuk bisa mendapatkan plugin dan tema sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu merogoh kocek lebih banyak.

Blogger

Blogger atau blogspot ini merupakan platform CMS milik Google.Nah, kelebihan menggunakan Blogger, Anda bisa memanfaatkan layanan dari Google lebih mudah, seperti AdSense, AdWords, Google Analytics, dan lainnya.

8 Langkah-langkah membuat blog

1.   Tentukan Platform Membuat Blog

2.   Choose a niche blog is a specific theme or topic that is reviewed on the blog. That is, in one blog, the content displayed is part of the same topic. For example, the topics of technology, culinary, travel, beauty, and the like.

3.   Buy the Right Hosting Service After choosing a niche and blogging platform, you need to buy hosting first. Hosting is a place to store blog files so that they can be accessed online.

4.   Determine Domain Name After choosing hosting, you also need a domain as an address to access your blog. For example, the domain name Niagahoster is www.niagahoster.co.id .

5.   Preparing the Content You Want to Create Now that your blog is ready to use, you just have to upload the article content on the blog according to the niche.